Jangan Kehilangan Konsumen Yang Baik Gara-Gara Uang Kecil

Posted by rike on 0

Kehilangan konsumen gara-gara uang kecil sungguh disayangkan sehingga sulit untuk percaya bahwa hal ini sering terjadi. Apa artinya menarik konsumen baru jika kita tidak bia mempertahankan konumen yang sudah ada?

Berikut ini adalah kutipan cerita dari Andrew Griffiths. Belum lama ini saya menyewa video dari toko video setempat. Saat tiba di rumah, malam udah laurt dan saya memutuskan untuk meringkuk di depan televisi dan menonton film itu. Saat membuka kotaknya, saya menemukan bahwa isinya video yang salah. Saya benar-benar kesal dan pergi tidur. Pada hari berikutnya, saya mengembalikan video itu dan meminta uang kembali. Wanita muda yang melayani saya mengatakan bahwa seharusnya saya segera menelepon mereka untuk mengatakan bahwa filmnya salah. Saya tidak tahu mengapa saya haru melakukan itu, tapi rupanya itu adalah 'kebijakan toko'. Ia mengatakan bahwa saya harus membayar untuk video itu karena bisa saja saya telah menontonnya. (Jadi selain dianggap sebagai konsumen yang menyulitkan, sekarang saya juga seorang pembohong).

Saya menekankan bahwa tidak ada bedanya jika saya menelepon mereka malam sebelumnya, karena saya sudah pasti tidak akan naikk ke mobil dan meluncur kembali ke toko video di tengah malam untuk menukar video itu. Karyawan toko itu mengeluh lagi dan kemudian menanyakan apa yang saya ingin ia lakukan. Saya bilang saya tidak merasa bahwa saya harus membayar untuk video itu. Ia dengan enggan menerimanya. Kemudian saya memintanya untuk memeriksa data saya untuk melihat berapa banyak video yang sudah pernah saya seewa sejak menjadi anggota. Sambil mengeluh lagi, ia memeriksa komputer dan mengatakan bahwa saya telah menyewa lebih dari 1.000 video. (Ternyata saya punya banyak waktu luang!) Itu sama dengan hampir $6.000 untuk biaya sewa video, dan entah berapa banyak lagi uang yang saya keluarkan untuk membeli minuman dan keripik. Saya bersumpah tidak akan kembali lagi ke toko itu.

Daripada meminta maaf, menyewakan video gratis dan secara umum meredakan amarah konsumen yang sedang kesal, seorang karyawan toko telah membuat binis itu kehilangan seorang konsumen yang baik. Di mana logika dalam kasus ini? Saya bahkan tidak menyalahkan gadis yang melayani saya, saya menyalahkan manajer bisnis yang menetapkan peraturan yang begitu kaku dan konyol.

Jangan kehilangan perpektif akan nilai jangka panjang dari konsumen Anda. Jika terjadi bentrokan akibat beberapa dolar, bersiaplah untuk berkompromi.
by Andrew Griffiths

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top