Bangun Hubungan Dengan Pelanggan

Posted by rike on 0

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang dilakukan tentang 'nilai seumur hidup' dari pelanggan. Artinya adalah pandang hubungan Anda dengan pelanggan secara lebih luas dari sekedar pembelian yang sedang mereka lakukan saat itu Organisasi besar menyadari bahwa jika mereka bisa membuat pelanggan mereka tetap bahagia dan puas selama periode waktu yang lebih lama, maka mereka bisa meningkatkan laba mereka secara drastis. Ini berdasarkan pepatah yang mengatakan bahwa lebih murah untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dibanding menarik pelanggan baru.

Nilai iklan dari mulut ke mulut juga mulai diukur. Kni organisasi bisa memberikan nilai dolar terhadap manfaat yang didapat dari pelanggan bahagia yang menyebarkan berita (secara gratis) tentang bisnis mereka. Tentu saja, hal ini memiliki perbedaan drastis antar bisnis dan industri yang berbeda; tapi, kita semua adalah konsumen dan kita memiliki banyak pilihan tentang kapan dan di mana kita hendak membelanjakan uang kita.

Memutuskan di mana kita hendak membelanjakan uang telah menjadi semakin sulit seiring dengan meningkatnya persaingan. Salah satu cara terbaik untuk menentukan pilihan adalah dengan meminta rekomendasi dari orang yang Anda percayai. Hanya sedikit orang yang tidak meminta nasehat dari teman, anggota keluarga atau rekan kerja tentang di mana mereka membeli produk tertentu. Sukses tidaknya restoran bergantung pada rekomendasi dari mulut ke mulut. Mekanik, dokter, pengacara, hotel, ritel pakaian, dan hampir semua jenis industri sangat bergantung pada rujukan dari mulut ke mulut.

Berdasarkan fenomena ini, kita semua harus membangun hubungan jangka panjang yang kuat dengan para pelanggan kita. Semua tindakan dan falsafah dasar bisnis kita harus berkomitmen terhadap manfaat jangka panjang yang didapat dari menjaga pelanggan agar tetap kembali. Cara berbisnis ini harus bisa diterima dalam organisasi Anda sehingga orang-orang yang berhubungan dengan Anda hari ini tetap mencari Anda sampai sepuluh tahun ke depan.

Keuntungan besar yang didapat dari membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan adalah Anda bisa mengeluarkan jauh lebih sedikit uang untuk iklan dan pemasaran jika semua pelanggan yang ada saat ini menyebarluaskan berita baik tentang bisnis Anda. Ini bagaikan memiliki sekelompok perwakilan penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya untuk gaji, mobil dan cuti, serta berbagai kerepotan lainnya.
by Andrew Griffiths

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top